KICK OF METTING SALAH SATU KIAT PBL KALSEL DALAM PENYUSUNAN RTBL


Kick Off Meeting Kota Banjarmasin dengan Bpk. Sekda, dan Dari PBL Wilayah2

Kick Off Meeting Kota Banjarmasin dengan Bpk. Sekda, dan Dari PBL Wilayah2

Kick off meeting atau dalam bahasan sederhananya Koordinasi Awal (KorWal) merupakan rapat awal proyek dengan tujuan untuk menyamakan presepsi  diantara semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan proyek, menyangkut prosedur dan teknis pelaksanaan proyek.   Kick off Meeting bisa dianggap sebagai kesempatan untuk menyelaraskan nada (set the tone) dalam suatu proyek.

1

Kegiatan Kick Off Meeting Kab. Barito KUala dengan Bpk. Bupati dan Sekda, pada kegiatan Coffe Morning

Berkaitan dengan pekerjaan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL), KaSatker Penataan Bangunan dan Lingkungan Provinsi Kalimantan Selatan beranggapan selain bertujuan menyamakan persepsi maksud diadakan Kick Off Metting adalah: 1) Serah terima Konsultan dari Satker ke Pemda Kabupaten/kota 2) Untuk menyatakan bahwa proyek dimulai. 3) Menyampaikan secara ringkas tujuan proyek  dan peran/tanggung jawab setiap pihak dalam pencapaian tujuan tersebut. 4) Mengklarifikasi harapan setiap pihak yang berperan dalam proyek.  5) Membentuk dan menumbuhkan komitmen bersama dalam menyukseskan proyek.

Kick of Metting atau istilah di Satker PBL Kalsel adalah Koordinasi Awal (KORWAL) Telah dilakukan sejak tahun 2010, yang dilakukan di tiap kabupaten/kota. Siapa saja yang hadir?  Paling tidak Ka Satker, coordinator tim Provinsi (core team), baik itu manajemen konsultan, Team Leader, sedangkan dari kabupaten/kota yang hadir, meliputi Bupati/Walikota, Sekretaris Daerah (Sekda), Bappeda, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten/Kota dan SKPD yang terkait dengan masing-masing RTBL.

Kegiatan Kick Off Meeting Kab. Kotabaru dengan Bpk.  Sekda dan SKPD Terkait

Kegiatan Kick Off Meeting Kab. Kotabaru dengan Bpk. Sekda dan SKPD Terkait

Kenapa harus hadir Bupati/Walikota/Sekda, dalam kegiatan RTBL ada dokumen Peraturan Walikota/Bupati (PERWL/PERBUB), Pelibatan Bupati/walikota dalam kegiatan RTBL dari awal akan mempermudah Penetapan Perwal/Perbub, Kesepakatan deliniasi wilayah perencanaan, Bupati/Walikota akan memahami substansi dan RTBL yang disusun dan Masukan mengenai rencana pengembangan di wilayah perencanaan.

Setelah Kick off meeting dilaksanakan, maka yang paling penting adalah masing-masing pihak harus memiliki komitmen untuk melaksanakannya sesuai perannya masing-masing. Nada dasar sudah didapat, selanjutnya masing-masing pihak harus menyelaraskan perannya dengan nada tersebut sehingga lagu yang berjudul “Proyek” bisa dilantunkan dengan merdu. Akhirnya  tepuk tangan meriah dari semua pihak (baca stakeholder) akan terdengar.

 

Diskusi selalu hidup dalam setiap Kegiatan

Diskusi selalu hidup dalam setiap Kegiatan

Kegiatan konsultasiPublik Perbub RTBL Hasan Basry Kota Rantau dengan bupati, wakil bupati, sekda dan SKPD kab. Tapin 2013,

Kegiatan konsultasiPublik Perbub RTBL Hasan Basry Kota Rantau dengan bupati, wakil bupati, sekda dan SKPD kab. Tapin 2013,

Iklan
Categories: Keciptakaryaan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: